Senin, 25 Juni 2018

Ramuan Untuk Penderita Mata Merah

Seperti yang kita ketahui semua, mata merupakan salah satu dari 5 panca indra yang sangat penting dalam kehidupan. Dengan mata yang sehat, maka akan memudahkan kita dalam beraktivitas sehari-hari. Namun bagaimana jika mata mengalami gangguan ? Tentu kita akan kesulitan bukan ? Contohnya saat mata mengalami gangguan berupa mata merah.


Mata merah atau dalam istilah medis disebut dengan Conjungtivitis  adalah suatu kondisi dimana terjadinya peradangan atau infeksi lapisan transparan yang terletak pada bagian dalam kelopak mata dan pada bagian yang menutupi mata. Sehingga bagian putih mata mengalami perubahan warna. saat mata merah, maka biasanya akan terasa perih juga mata berair.
Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan mata menjadi merah dan tidak jarang pula orang menganggap mata merah ini adalah suatu penyakit atau kondisi yang sepele. Namun penyebab merah bisa kita bedakan menjadi 2 jenis, yaitu mata merah yang disebabkan oleh virus dan mata merah yang disebabkan oleh bakteri.

1. Mata merah yang disebabkan oleh virus
Penyebab utama terjadinya mata merah adalah karena adanya infeksi virus. Saat mata merah disebabkan oleh adanya infeksi virus, maka akan lebih banyak dihubungkan dengan pengeluaran cairan yang tidak berwarna hijau atau kuning. Saat mata merah disebabkan oleh virus, maka biasanya akan memicu munculnya beberapa gejala, seperti: influensa (kondisi hidung yang tersumbat dan ingusan), kelopak mata mengalami kebengkakan dan terkadang saat mata melihat pada cahaya yang terang akan menyebabkan rasa sakit.
Saat mata merah disebabkan oleh virus, maka disarankan agar segera menemui dokter mata, karna bisa jadi mata merah ini terjadi akibat adanya infeksi pada kornea (bagian inti dari depan bola mata). Mata merah jenis ini pun bisa sangat mudah dalam penularannya.

2. Mata merah yang disebabkan oleh bakteri
Bakteri yang paling umum terjadi dalam menyebabkan mata merah adalah bakteri staphylococci, pneumococci dan streptococci. Saat mata merah jenis ini, biasanya akan memicu munculnya beberapa gejala. Seperti sakit mata, bengkak, kemerahan, suatu jumlah kotoran yang sedang sampai besar (biasanya berwarna hijau atau kuning).

Selain itu mata merah juga bisa terjadi akibat adanya pendarahan subkonjungtiva.  Pendarahan subkonjungtiva ialah pendarahan  yang berasal dari pembuluh darah bernama konjungtiva yang memenuhi ruang pada bola mata bagian depan. Pendarahan subkonjungtiva bisa terjadi akibat beberapa hal, seperti tekanan darah tubuh mendadak naik, trauma, adanya penyakit tertentu, adanya tindakan medis berupa operasi mata.

Bagaimana cara mengatasi mata merah ?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan saat mata merah, baik dengan pengobatan medis atau pun dengan penggunakan ramun-ramuan alami. Berikut ramuan-ramuan alami yang bisa kalian lakukan saat mata merah, antara lain :
1. Kunyit
Ramuan pertama dalam mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan anti bakteri, dimana kandungan tersebut mampu mengatasi rasa gatal dan mengatasi bengkat mata yang disebabkan oleh mata merah.
Cara pemanfaatan :

  • Siapkan beberapa ruas kunyit yang sudah dibersihkan dari kulitnya
  • Lalu rendam kunyit dengan menggunakan air hangat (kurang lebih 10 menit)
  • Setelah dingin, kalian bisa menggunakan air rendaman tersebut sebagai obat tetes alami pada mata merah.

2. Daun sirih
Siapa yang tidak mengenal daun yang satu ini ? Ya, daun sirih. Daun sirih banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan, seperti minyak atsiri, estragol, caryophyllen, tanin, fenil propana dan lainnya yang mampu mengatasi mata merah dan juga iritasi pada mata.
Cara pemanfaatan :

  • Rebus beberapa lembar daun sirih
  • Setelah mendidih angkat dan tunggu hingga air dingin
  • Saat air dingin, gunakan air rebusan tersebut menjadi air untuk cuci muka (khususnya area mata)

3. Timun
Ramuan selanjutnya yang kalian bisa lakukan dalam mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan timun. Sudah bukan rahasi lagi, bahwa timun sangat baik untuk kesehatan mata. sudah banyak orang menggunakan timun sebagai salah satu obat herbal alami dalam menjaga kesehatan mata. Timun mampu memberikan rasa kenyamanan pada mata, salah satunya saat mata merah.
Caranya pemanfaatan :

  • Siapkan 1 buah timun yang sudah dicuci bersih
  • Iris tipis timun
  • Letakan irisan timun pada mata dengan posisi mata menutup.

4. Bawang putih

Siapa yang tidak mengenal bawang putih? tentu semua orang mengenalnya bukan? bawang putih atau yang memiliki nama ilmiah Allium sativum ini adalah salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma yang khas. Namun selain sebagai bumbu dapur, bawang putih juga memiliki khasiat lain yang baik untuk kesehatan. Salah satunya dalam mengatasi mata merah, bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat anti-inflamasi dan anti peradangan. Dimana kandungan tersebut efekstif dalam mengasi mata merah.
Cara pemanfaaatan :

  • Siapkan 1 siung bawang putih, lalu bersihkan dari kulitnya
  • Potong bawang putih menjadi 2 bagian
  • Oleskan potongan bawang putih pada area kelopak mata atau seperti menggunakan eye liner

*Saat bawang dioleskan pada kelopak mata, memang akan menyebabkan rasa perih. Namun rasa perih itu pun akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat
*Sebaiknya digunakan saat malam hari atau menjelang tidur, agar rasa perih tidak terlalu terasa

5. Kentang
Kentang merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk kedalam jenis umbi-umbian, kentang juga bisa dijadikan sebagai makanan pokok pengganti beras. Hal ini karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Namun selain memiliki karbohidrat yang tinggi, kentang juga memiliki sifat pendingin, dimana sifat tersebut mampu merilekskan otot-otot mata terutama saat mata merah.
Cara pemanfaatan :

  • Kuliti kentang dari kulitnya sampai bersih
  • Lalu iris tipis kentang dan letakan kentang pada mata merah

6. Menggunakan air mawar
Ramuan terakhir yang kalian bisa lakukan dalam mengatasi mata merah adalah dengan menggunakan air mawar. Air mawar berkhasiat dalam memberikan rasa nyaman pada mata merah.
Cara pemanfaatan :
Siapkan beberapa kuntup bunga mawar
Cuci bunga hingga bersih

  • Kemudian rendam bunga selama beberapa jam, dan
  • Gunakan air rendaman bunga mawar sebagai air cuci muka

*Atau kalian bisa menggunakan air mawar dalam bentuk kemasan.

Itulah beberapa ramuan alami yang kalian bisa lakukan saat mata merah. saat mata sudah kembali normal dan sehat, disarankan agar rajin-rajin dalam menjaga kesehatan mata dan sebisa mungkin hindari hal-hal yang bisa menyebabkan masalah atau gangguan pada mata. Namun sebaliknya saat mata tidak kunjung membaik, segeralah periksakan pada dokter spesialis mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar