Jumat, 17 Agustus 2018

Ramuan Untuk Penderita Hipertensi Dengan Menggunakan Mentimun

ramuan untuk penderita - ramuan untuk penderita hipertensi dengan menggunakan mentimun - 


Hipertensi atau disebut juga dengan tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi, dimana kadar atau tekanan darah berada dibatas normal. Saat kondisi ini terjadi biasanya penderita akan mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti pusing, badan terasa lemas, aritmia dan masih banyak lagi.
Hipertensi bisa terjadi pada siapa saja, baik itu orang dewasa maupun mereka yang telah memasuki usia lanjut. Seseorang bisa dikatakan menderita hipertensi, saat kadar atau tekanan yang ada tubuhnya mencapai 140/90 mmHg. Jumlah tersebut sudah pasti berbeda jauh dengan tekanan yang pada umumnya (normal), yakni sekitar 120/90 mmHg.

Penyebab
Ada banyak penyebab yang bisa menyebabkan terjadinya hipertensi. Untuk penyebab lebih jelasnya lagi, penyebab hipertensi dibedakan menjadi 2 tipe, yakni hipertensi primer dan hipertensi sekunder. Hipertensi primer adalah jenis hipertensi yang tidak diketahui penyebabnya secara pasti. Sedangkan hipertensi sekunder biasanya terjadi dari banyak hal, seperti :

  • Usia

Seseorang yang telah memasuki usia lanjut akan sangat rentan terhadap adanya berbagai macam penyakit, baik ringan maupun kronis. tidak terkecuali dengan adanya hipertensi. Hipertensi pria dan wanita sedikit berbeda, jika hipertensi pada pria biasanya setelah pria memasuki usia 45 tahun keatas dan pada wanita yang telah memasuki usia 65 tahun keatas. Meskipun begitu, namun bukan berarti mereka yang berusia dibawah dari usia diatas tidak bisa terserang hipertensi.

  • Adanya penyakit tertentu 

Ada beberapa penyakit yang mampu memicu adanya hipertensi, seperti penyakit ginjal, penyakit kelenjar tiroid serta adanya tumor kelenjar adrenal.

  • Minuman beralkohol

Pada dasarnya minum minuman beralkohol memang tidak menjadi masalah, namun bukan berarti kita bisa mengkonsumsinya setiap saat dan dengan jumlahnyanya yang cukup banyak.

  • Penyalahgunaan NAPZA

NAPZA atau kepanjangan dari Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif adalah zat kimiawi yang jika dikonsumsi oleh tubuh manusia mampu mengakibatkan adanya pengaruh kejiwaan/psikologis dan tentunya mengganggu kesehatan tubuh lainnya. NAPZA memang biasa digunakan dalam dunia medis, namun saat seseorang mengkonsumsi NAPZA secara bebas atau tanpa adanya resep dari dokter maka bukan tidak mungkin akan mengakibatkan gangguan kesehtan laiinya, termasuk adanya gangguan pada tekanan darah.

  • Obat-obatan tertentu

Obat memang berfungsi sebagai penyembuhkan sakit seseorang, namun bukan berarti tidak bisa menimbulkan rasa sakit yang lainnya. Ada beberapa obat yang bisa menyebabkan tekanan darah naik (hipertensi). Salah satuya obat anti-inflamasi non steroid (OAINS).

Selain faktor-faktor diatas, seseorang yang memiliki gaya makan dan gaya hidup yang kurang baik pun akan bisa terserang hipertensi.


Ramuan Untuk Penderita Hipertensi Dengan Menggunakan Mentimun

Selain menggunakan pengobatan medis, bukankah lebih baik jika menggunakan bahan-bahan alami ? Dengan menggunakan pengobatan alami, selain mudah didapat, penderita pun tidak perlu merasa takut atau khawatir akan efek samping atau dampak yang akan ditimbulkan. Hal ini karena tidak adanya zat yang kimia didalamnya.


Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan mentimun. Ya, mentimun atau yang memiliki nama ilmiah Cucumis sativus merupakan salah satu jenis makanan yang sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat. Hampir semua orang mengetahuinya, mereka sering menggunakan mentimun sebagai salah satu lalapan dalam makanan. 
Mentimun memiliki banyak senyawa aktif didalmnnya, seperti mineral, caffeic acid, serat, kalium, vitamin C dan antioksidan. Dimana senyawa-senyawa tersebut terbukti ampuh dalam menurunkan tekanan darah.
Cara pembuatan : Siapkan 2 buah mentimun yang sudah dicuci bersih, lalu parut atau haluskan mentimun. Setelah itu saring dan minum air perasan. Lakukan hal yang sama sebanyak 2-3x Dalam sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar