Jumat, 20 Juli 2018

Ramuan Untuk Penderita Gagal Ginjal

Gagal Ginjal. Ya dengan mendengarnya saja sudah banyak orang yang merasa takut dan khawatir. Gagal ginjal merupakan suatu kondisi kelainan yang terjadi pada salah satu organ tubuh manusia yang bernama ginjal. Ginjal merupakan organ terpenting didalam tubuh, dimana berfungsi sebagai penyaring racun dan sisa-sisa makanan yang kemudian dikirimkan ke usus, untuk selanjutnya dibuang melalui air kemih. 

Didalam tubuh manusia terdapat 2 buah ginjal, yaitu ginjal kanan dan ginjal kiri. Namun bagaimana jadinya jika disalah satu ginjal yang ada didalam tubuh mengalami suatu kelainan (gagal ginjal) ? 


Apa itu gagal ginjal ?

Gagal ginjal atau disebut juga dengan renal failure adalah suatu kondisi gangguan atau kelainan pada ginjal yang mengakibatkan hilangnya fungsi ginjal. ginjal berfungsi sebagai penyaring cairan dan sisa-sisa makanan. ketika fungsi ginjal mengalami gangguan maka kadar racun dan cairan berbahaya akan terkumpul di dalam ginjal yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya gagal ginjal.

Gagal ginjal dibedakan menjadi 2 jenis, yakni gagal ginjal akut (GGA) dan gagal ginjal kronis (GGK). 
  • Gagal ginjal akut (GGA) adalah kondisi ginjal yang biasanya disebabkan oleh suatu peristiwa yang mengarah kepada kerusakan  ginjal. Seperti dehidrasi, kehilangan banyak darah ketika operasi besar atau cedera, atau karena efek samping penggunaan obat-obatan. 
  • Gagal ginjal kronis (GGK) adalah kondisi penurunan fungsi ginjal secara bertahap. GGK biasanya terjadi akibat beberapa hal, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, yang secara perlahan merusak ginjal dan mengurangi fungsi ginjal dari waktu ke waktu.

Gagal ginjal kronis memiliki 5 tahap (stadium)  untuk mendefinisikan tingkat keparahan gagal ginjal kronis. Berikut tahapannya :

Stadium 1
Saat seseorang mengalami gagal ginjal stadium ini biasanya pasien akan memiliki jumlah eGFR diatas 90 ml/menit. jumlah ini memang normal, namun terdapat kerusakan pada ginjal yang terdeteksi oleh tes lain. Misalnya, terdapat darah di dalam urin (hematuria) atau terjadi peradangan pada ginjal.

Stadium 2 
Pasien yang telah memasuki stadium ini akan mengalami sedikit penurunan jumlah eGFR, yaitu menjadi  60-89 ml/menit dan disertai kerusakan atau gangguan pada ginjal. Penderita dengan laju eGFR yang sama tanpa kerusakan ginjal tidak dianggap mengalami GGK.
Agar perkembangan kondisi ginjal dapat terus dipantau, pengidap GGK stadium satu atau stadium dua direkomendasikan untuk menjalani tes eGFR tahunan.

Stadium 3 
Pada stadium ini, jumlah eGFR menurun hingga 30-59 ml/menit. Kondisi ini sudah termasuk gagal ginjal kronis. Gagal ginjal pada stadium ini dibedakan menjadi 2, yaitu :
  • Stadium 3a : laju eGFR (45-59). Terdapat penurunan fungsi ginjal yang ringan sehingga memerlukan pemeriksaan tiap tahun.
  • Stadium 3b: laju eGFR (30-44). Terdapat penurunan fungsi ginjal yang parah sehingga memerlukan pemeriksaan berkala tiap enam bulan sekali.

Stadium 4 
Pada stadium ini, pengidap kemungkinan telah merasakan gejala-gejala GGK dan perlu mengikuti pemeriksaan setiap enam bulan. Hal ini karena jumlah eGFRnya mengalami penurunan yang cukup jauh, yakni 15-29 ml/menit.

Stadium 5 
Seseorang yang sudah memiliki eGFR dibawah 15 ml/menit, disebut sebagai kondisi gagal ginjal total. Dimana ginjal telah kehilangan hampir seluruh fungsinya. Tiap tiga bulan, pasien gagal ginjal ini perlu menjalani pemeriksaan.

Hasil eGFR dari waktu ke waktu dapat naik atau turun. Diagnosis CKD biasanya baru bisa dipastikan jika tes-tes eGFR yang dilakukan beberapa kali selama tiga bulan berturut-turut menunjukkan hasil konsisten di bawah normal.

Gejala gagal ginjal

Gejala gagal ginjal tergantung dengan jenis dan penyebab terjadinya. Namun secara umum ada beberapa gejala yang sering ditimbulkan saat seseorang mengalami kerusakan (gagal ginjal). Berikut diantaranya : 

1. Kelelahan
Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan bisa membuat sulit berkonsentrasi. 

2. Kulit kering dan gatal
Kulit kering dan gatal bisa menjadi pertanda bahwa ginjal mengalami gangguan, hal ini lantaran ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah Anda.

3. Kencing berdarah
Ginjal yang sehat biasanya menjaga sel darah dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk menghasilkan urin. Namun jika filter ginjal mengalami kerusakan, maka sel darah pun akan “bocor” ke dalam urin. Selain menandakan penyakit gagal ginjal, darah dalam urin juga bisa menjadi indikasi penyakit lainnya seperti batu ginjal ataupun infeksi.

4. Kencing berbusa
saat ginjal mengalami kerusakan (kelainan), biasanya akan menyebabkan kadar protein yang terkandung dalam urin mengalami peningkatan, dimana hal ini menyebabkan gelembung atau busa berlebih pada urine. 

5. Pembengkakan
Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Itu sebabnya salah satu ciri atau gejala gagal ginjal yang bisa kita lihat adalah pembengkakan pada kaki, lengan, tangan, atau wajah karena akumulasi cairan yang berlebih di dalam tubuh.

6. Nyeri pinggang
Umumnya banyak pasien mengeluhkan nyeri di bagian pinggang kanan atau kirinya. Lokasi ini bertepatan dengan keberadaan ginjal, dan ketika ada nyeri di daerah ini, maka patut dicurigai adanya gejala gagal ginjal.

Pada beberapa kasus penderita gagal ginjal, hampir sebagian penderitanya tidak mengalami gejala apapun. sehingga mereka akan menyadarinya saat penyakit tersebut telah mengalami tingkat keparahan yang cukup berat (kronis).

Apa penyebab terjadinya gagal ginjal ?

Penyebab gagal ginjal bervariasi, tergantung dengan jenis dan gejalanya. Namun yang pasti hal ini akan menyebabkan gangguan dan penurunan kondisi kesehatan ginjal. Beberapa penyebab gagal ginjal mungkin dapat langsung terjadi dan memberi efek nyata, namun beberapa lainnya baru menimbulkan ciri/tanda saat penyakit telah memasuki stadium parah dan hal inilah yang menyebabkan penderita gagal ginjal banyak yang tidak tertolong.
Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Di antaranya :

  • Kekurangan cairan (dehiderasi)
  • Pengidap diabetes
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Refluks nefropati
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Mengkonsumsi obat dalam jumlah berlebihan
  • Terjadinya gangguan fungsi hati
  • Terjadinya serangan jantung
  • Glomerulonefritis

Selain itu gagal ginjal juga bisa terjadi akibat faktor alami, salah satunya saat bayi baru dilahirkan. Hal ini karena adanya obstruksi saluran kemih atau malformasi yang mempengaruhi ginjal, salah satunya akibat adanya pelibatan mekanisme seperti katup anatara kantung kemih dan utera. Pada kasus ini biasanya ditemukan saat bayi masih dalam kandungan, sering dapat perbaikan melalui pembedahan oleh ahli urologi.

Pengobatan

Ketika seseorang telah didiagnosa mengalami gagal ginjal, maka biasanya dokter akan memerikannya secara lebih dalam lagi. Hal ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui pengobatan dan tindakan apa yang harus dilakukan. 
Namun selain menggunakan metode pengobatan medis, metode pengobatan alami pun bisa anda coba. Selain mudah didapat, dengan metode alami ini sudah pasti aman dan tidak akan menimbulkan efek samping yang membahyakan bagi kesehatan.
Berikut beberapa ramun untuk penderita gagal ginjal.

  • Daun meniran
Daun meniran merupakan salah satu obat herbal yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh, salah satunya dalam mengobati penyakit gagal ginjal. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu merebus daun meniran dengan campuran temulawak dan daun kumis kucing.rebus air sampai mendidih. Untuk menghilangkan rasa pahit, kita bisa menambahkan madu atau gula jawa. Minum air rebusan secara rutin dan teratur.

  • Temulawak
Temulawak merupakan salah satu akar akaran yang memiliki banyak khasiat didalamnya, salah satunya kesehatan. Hal ini lantaran kandungan yang ada didalamnya, seperti kukumin, kurkuminoid, P-toluilmetilkarbinol, mineral, minyak atsiri, protein dll. Dimana kandungan tersebut mampu menjaga dan memperbaiki kesehatan ginjal. Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu merebus temulawak dengan campuran madu, rebus hingga air mendidih. Minum air dalam keadaan masih hangat. Atau kalian bisa menggunakan ramuan obat herbal atasi gagal ginjal


  • Daun binahong

Daun binahong, apakah anda pernah mendengar tanaman tersebut ? Ya, daun binahong merupakan salah satu tanaman tropis yang kita jumpai dipekarangan rumah atau pun disemak-semak. Selain mudah didapat, daun binahong juga memiliki banyak senyawa aktif didalamnya, Dimana senyawa-senyawa tersebut mampu mengatasi berbagai penyakit, seperti : maag, kanker, paru-paru, ginjal, obat luka, wasir dan sebagainya. Cara pemanfaatannya pun cukup mudah, kita hanya perlu menyiapakan 10-15 gram daun binahong yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus daun dengan menggunakan 1 gelas air. Tunggu hingga air mendidih dan angkat. Minum air rebusan sebanyak 3x dalam sehari, lakukan hal yang sama secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa ramuan untuk penderita gagal ginjal. Semoga bermanfaat....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar